20080706

Potensi Pemuda Bawean di Malaysia

Warga bawean di Malaysia cukup banyak, bahkan telah melahirkan beberapa generasi. Mereka yang oleh orang melayu dipanggil "boyan" ternyata juga cukup andil dalam proses perjuangan kemerdekaan di Malaysia. Konon, mereka telah datang ke Malaysia pada tahun 1880-an.

Hingga saat ini, belum ada statistik kuantitas warga Bawean di Malaysia. Namun, diperkirakan jumlahnya ratusan ribu, bahkan mungkin jutaan. Mereka tinggal berkelompok dibeberapa tempat, seperti Gombak, Ampang, Kramat, Damansara, Belakong, Cheras, dll.

Sepengetahuan saya, banyak sekali pemuda/i bawean generasi kedua (maksudnya; orang tuanya yang masih kad merah) yang menapaki sukses dibidang pendidikan dan bisnis. Mereka adalah aset yang sesungguhnya dapat dioptimalkan. Mereka ini, mayoritinya, pernah singgah ke bawean, sehingga 'rasa kebaweanannya' masih kental dan ada perasaan memiliki terhadap bawean.

Karena itu, perlu ada persatuan pemuda bawean Malaysia untuk menggalang potensi ini menjadi kekuatan di kemudian hari, sehingga memberikan sumbangsih kepada Bawean atau yang telah menetap di sini. PBM (Persatuan Bawean Malaysia) adalah organisasi legal dan formal yang ada hingga saat ini untuk orang-orang Bawean. Namun, potensi kepemudaan sepertinya belum terserap sepenuhnya dalam organisasi ini. Karena itu perlu badan khas yang fokus untuk menggerakkan hal tersebut.

Saya secara peribadi telah berbincang dengan beberapa teman untuk mendirikan organisasi ini dan skrang sembari melakukan sosialisasi dan pendataan ahli, kami telah memulai proses administrasi untuk didaftarkan dikerajaan. Karena itu, saya menghimbau, mengajak seluruh putra-putri bawean untuk bergabung dalam organisasi ini.

Adapun matlamat dan objektifnya, akan kami lampirkan kemudian hari.

Smoga berjaya

Ampang, 7 Juli 08




Hasan Jali
Koordinator Persatuan Pemuda Bawean Malaysia